Top Level Domain (TLD) Gratis dot ML dari Freenom

Selamat pagi sobat blogger, kali ini ane pengen share mengenai domain TLD gratisan untuk 1 tahun. Biarpun gratis tapi tidak kalah keren dari domain-domain lain seperti .com, .net, .info, dll. Yang akan dishare disini adalah domain dot ML seperti yang sekarang ane pakai.

Tapi sebelum itu ane pengen menghapus stigma dulu mengenai domain gratisan semacam ini. Ada banyak kekhawatiran dari beberapa sobat blogger bahwa domain gratis seperti ini tidak search engine friendly. Menurut ane hal itu tidaklah benar, buktinya baru 1 hari ane ganti domain udah terindeks google, bahkan sebelum migrasi ke domain yang sekarang ini, sebelumnya saya juga menggunakan domain gratisan yaitu dot.asia tapi beberapa postingnya tetap nampang di pejwan si embah sampai saat domainnya ane pindah dimari he he.

Jika sebelumnya sobat pernah menggunakan domain gratisan lain seperti dot.TK, maka cara daftar dan pengaturan Domain gratis dot.ML ini tidak jauh berbeda. Ok langsung saja langkah-langkahnya :

1. Silahkan sobat daftar disini, ketik nama domain yang sobat inginkan lalu klik go.


2. Pilih Use DNS, pilih Freenom DNS Service (kalau ente punya hosting dan cara pengaturan IP sendiri) atau pilih Your own DNS (kalo ente hosting di Blogger kayak ane) 


3. Pilih 12 months, isi capcay, lalu langsung saja klik REGISTER A FREE DOMAIN NOW, jangan klik Checkout sebab nanti ente jadi mesti bayar he he.


4. Isi email, Next, isi username, password, confirm password, klik register.



5. Buka email yang sobat gunakan untuk daftar dan silahkan verifikasi lewat link yang diberikan oleh fihak freenom, lalu isikan Confirmation code yang telah diberikan (kalau ada), dan silahkan login kembali ke freenom.


6. Selamat sekarang sobat sudah memiliki domain TLD gratis .ml, selanjutnya sobat tinggal pergi ke Domain Panel, modify dan sesuaikan dengan pengaturan DNS Zone Editor di hosting masing-masing.
 

7. Untuk pengaturan DNS dot ML ke blogger silahkan baca disini.

Update!
Selain .ml, di freenom kita juga bisa memilih TLD lain yaitu, .cf .ga dan .tk. Silahkan kopas artikel ini kalo mau posting ulang dan sertakan link ke blog ini. Semoga bermanfa'at.

*****************

2 komentar :

Jika anda menyukai artikel di atas silahkan share atau tinggalkan komentar. Mohon maaf, untuk menghindari spam, komentar yang menyertakan live link akan dihapus.