Domain

Pertama kali muncul niat membuat website kita pasti bersentuhan dengan yg namanya hosting dan domain. Hosting adalah sebuah tempat di internet utk kita menyimpan file2 dan aplikasi tertentu yg nantinya kita gunakan utk sebuah website, sedangkan domain merupakan semacam layanan di internet yg memberikan fungsi identifikasi nama dan alamat (IP Address) pengguna internet ketika berinteraksi dengan sebuah server. Sebuah layanan domain bertugas menerjemahkan IP Address, tanpa memiliki hosting dan domain dipastikan kita tdk akan bisa membuat website. Kira2 itu saja gambaran singkatnya. Nah, sekarang apa penting dan gunanya nama sebuah domain?

Di Internet kita bisa menemukan banyak penyedia domain. Nama domain hampir bisa mencerminkan jenis dan prestise sebuah situs, sebagai contoh sebuah website dengan akhiran subdomain semacam blogspot.com dan wordpress.com kelihatannya kurang professional atau pembuatnya terlihat kurang sungguh2 dlm mengelolanya terutama utk website yg mempunyai kepentingan komersil. Secara pribadi tentu saja saya juga kurang sepakat dengan asumsi seperti itu tp secara umum begitulah imej yg terbangun.

Berbeda dengan website dengan Top Level Domain (TLD) semacam .com, .net, .info, .biz dll, secara umum orang bisa beranggapan pemilik website tsb biasanya professional. Mengapa sungguh2? sebab biasanya situs2 seperti itu berbayar alias tidak gratis, mengapa professional? sebab untuk membuatnya "sepertinya" kita harus memiliki keterampilan tertentu.

Menurut saya anggapan seperti itu tidak sepenuhnya salah tapi juga tidak seluruhnya benar, mengapa? Karena rupanya tidak perlu berbayar dan professional untuk memiliki website dengan Top Level Domain (TLD) :D

0 komentar :

Posting Komentar

Jika anda menyukai artikel di atas silahkan share atau tinggalkan komentar. Mohon maaf, untuk menghindari spam, komentar yang menyertakan live link akan dihapus.